Senin, 25 Juli 2011

Fungsi dari setiap Layer pada refenrensi OSI model


Memahami Fungsi dari setiap Layer
Pada Model OSI terbagi menjadi 2 bagian yaitu Up layer dan Low layer, yang termasuk up layer yaitu applikation, Presentation, Session dan Transport, sedangkan low layer yaitu Network, Data Link dan Physical. Jika anda sudah paham sekarang kita akan mulai membahas satu per satu dari setiap fungsi layer.

1. Application Layer
Application Layer adalah lapisan OSI yang paling dekat dengan pengguna, yang memberikan layanan jaringan untuk aplikasi pengguna. protokol yang bekerja disini adalah FTP, HTTP dan masih banyak lagi. Contoh aplikasinya adalah Browser.

2. Presentation Layer
Presentation Layer adalah lapisan OSI yang bertanggung jawab dalam memberikan layanan penyajian format data untuk aplikasi-aplikasi pada Application Layer agar tidak terjadi pertukaran data yang tidak di inginkan antara aplikasi satu dengan yang lainnya.

3. Session Layer
Session Layer adalah Lapisan pada OSI yang bertugas dalam menetapkan, mengelola, dan mengakhiri sesi antara dua host berkomunikasi. Lapisan ini memberikan layanannya ke lapisan presentasi. Hal ini juga mensinkronkan dialog antara lapisan presentasi dua host 'dan mengelola pertukaran data mereka. Selain peraturan sesi, lapisan ini menawarkan ketentuan untuk transfer data yang efisien, kelas layanan, dan pengecualian pelaporan lapisan sesi, lapisan presentasi, dan masalah aplikasi lapisan. Untuk lebih mudahnya memahami lapisan ini anda bisa memikirkan tentang dialog dan percakapan.

4. Transport Layer
Transport Layer adalah lapisan OSI yang bertugas dalam melakukan segment (pemecahan data) pada host pengirim dan reassembles (penggabungan data) pada host penerima. Pada lapisan ini juga bertugas dalam pengiriman data baik menggunakan layanan TCP (pengiriman data yang dapat di andalkan) maupun UDP (pengiriman data yang tidak bisa di andalkan).

5. Network Layer
Network Layer adalah lapisan OSI yang bertugas memberikan layanan pengalamatan dari setiap host dan juga memberikan atau memilihakan jalur tercepat dan aman dalam pengiriman data.

6. Data Link Layer
Data Link Layer adalah lapisan OSI yang bertugas dalam memberikan pengalamatan fisik dalam hal ini berlawanan dengan pengalaman logis, merubah data menjadi frame dan melakuan flow control pada pengiriman data.

7. Physical Layer
Physical Layer adalah lapisan OSI yang bertugas dalam menyediakan media pengiriman (menyediakan media akses) dan juga melakukan pengubahan sinyal dalam pengiriman data.

Sekian penjelasan dari saya jika masih belum bisa di pahami silahkan beri komentar pada bagian bawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar